LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, BELTIM, INRADIOFM.COM KPU Belitung Timur (Beltim), meluncurkan secara resmi maskot dan jingle Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020, di Taman Segitiga Manggar, Rabu (8/1/2020) malam. Peluncuran ditandai dengan pengenalan Maskot "Si Semos" dan mendengarkan lagu 'Belitung Timur Memilih'.

Si Semos, merupakan singkatan dari Semproja Mencoblos. Karakter diambil dari salah satu jenis burung yang dikenal dengan nama Sempur Hujan Darat (Eurylaimus Ochromalus) atau Semproja. Burung endemik Pulau Belitong ini mempesona, karena variasi warnanya.

Maskot tersebut memiliki visual ceria mengandung kegembiraan menyambut Pilkada, dan mengandung makna ajakan, serta keramahan. Maskot mengenakan pakaian ciri khas Belitong yang identik dengan budaya melayu.

Ketua KPUD Beltim, Rizal mengatakan, pemilihan maskot dan jingle resmi Pilkada Beltim itu dilakukan oleh tim penilai. Ditekankannya, KPU Beltim tidak ada campur tangan dalam proses pemilihan.

"Saya kira apa yang diputuskan oleh tim penilai cukup objektif. Para pemenang yang terpilih memang sangat mendekati, sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan," kata Rizal.

Dijelaskannya, jika Maskot Si Semos digunakan sebagai salah satu sarana mengkomunikasikan demokrasi Pilkada kepada masyarakat Beltim. Tangan kanan memegang surat suara, dan tangan kiri memegang paku untuk mencoblos.

"Kita ingin memperkenalkan keragaman hewani yang ada di Pulau Belitung dan juga ikut melestarikan burung yang hampir terancam punah ini," ungkapnya.

Sedangkan untuk jingle, Rizal mengatakan, seperti yang tertuang dalam lirik, merupakan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Beltim.

"Dengan jingle ini kita ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Beltim untuk mensukseskan dan memilih Bupati dan Wakil Bupati pada 23 September mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Beltim, Yuslih Ihza berharap, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan peluncuran maskot dan jingle Pilkada ini, akan semakin memantapkan proses penyelenggaraan Pemilihan Bupati, dan Wakil Bupati di Kabupaten Beltim.

Ia mengharapkan hal ini akan berimplikasi pada terwujudnya komitmen para penyelenggara Pilkada, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa hingga ke TPS, termasuk juga instansi maupun lembaga lain yang terlibat.

Yuslih juga menekankan, kesiapan baik dari pelaksana dan dukungan dari Pemerintah Daerah, KPU, BAWASLU, aparat keamanan, dan pihak-pihak lainnya, agar Pilkada dapat berjalan dengan lancar, serta partisipasi dari masyarakat dapat meningkat.

Untuk itu, menurutnya dibutuhkan kekompakan baik dari pelaksana, yakni PPK, PPS, Kepolisian dan TNI yang merupakan satu bagian dalam mewujudkan keamanan Pemilu.

"Saya mengajak kepada kita semua, untuk berperan aktif dalam rangka antisipasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemungutan suara Bupati dan Wakil Bupati nanti," tutupnya.

Peluncuran maskot dan jingle Pilkada Beltim 2020 tersebut, dihadiri oleh Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktoseja, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, serta perwakilan Forkopimda lainnya. Hadir pula komisioner KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta komisioner KPU dari berbagai Kabupaten/ Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan juga diisi dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang pencipta lagu/jingle, dan design maskot Pilkada 2020. Dan, ratusan masyarakat yang hadir di malam itu, dihibur oleh penampilan artis ibukota, vokalis band 'Padi' Fadly, yang menjadi persembahan utama dalam acara tersebut. (HA)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]