LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

Pangkalan Baru, INRADIOFM.COM - "Maju Terus Pantang Menyerah Perajin Seni Budaya". Begitu potongan lirik Hymne Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), yang dinyanyikan begitu indah pada kegiatan pembukaan Workshop E-Smart IKM, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja Ketua Dekranas Pusat, Wury Ma'ruf Amin ke Bangka Belitung,  Kamis, (27/2/2020) di Gale-gale Resto, Pangkalan Baru.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranas, Wury Ma'ruf Amin mengungkapkan, bahwa Dekranas memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah didalam menggali, melestarikan, dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa, serta mendorong perluasan pasar, baik secara online maupun offline.

"Dekranas menjadi mitra penting pemerintah dalam melindungi dan membina pengrajin agar lebih sejahtera. Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada Dekranasda Kepulauan Bangka Belitung, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan, karena telah membuat kegiatan yang positif ini," ungkapnya.  

Kegiatan workshop tersebut, juga merupakan tindak lanjut dari program dekranas yang salah satu tujuannya, adalah untuk meningkatkan produktivitas pengrajin di Bangka Belitung, melalui bimbingan teknis workshop, dan bantuan fasilitas perdagangan, serta peralatan.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Belitung, Melati Erzaldi, dalam sambutannya mengingatkan pentingnya mendorong semangat kewirausahaan agar tetap kreatif, inovatif, dan open minded. Karena di era industri 4.0, teknologi telah merubah pola pikir masyarakat dari konvensional menjadi digital. Semua dipermudah dengan bantuan teknologi.

Menurutnya, teknologi jadi tantangan yang serius bagi para pelaku IKM untuk mengikuti perkembangan zaman, pengrajin untuk tidak hanya membuat produk yang baik, namun juga mampu mengimplementasikan teknologi secara up to date dalam mempromosikan produk-produknya, serta memperbaiki pelayanannya. 

"Melalui upaya terus menerus dan tidak mengenal lelah kami berkeyakinan dapat menjadikan pelaku kerajinan di Bangka Belitung sebagai pemenang tidak hanya di pasar lokal dan domestik. Namun juga menjadikan produk babel superior di level regional serta internasional," ungkap Melati Erzaldi. (Uki_HA)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]