LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Bangka Belitung (Babel), mengingatkan para pengelola angkutan umum agar tidak lagi melayani penumpang mudik atau pulang kampung tujuan pelabuhan penyeberangan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), terhitung sejak diberlakukannya larangan mudik. 

Kepala Dishub Babel KA Tajuddin menjelaskan, peringatan ini disampaikan sebagai bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam melaksanakan amanat Presiden RI Joko Widodo yang ditindaklanjuti Menteri Perhubungan (Menhub) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020. 

"Ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Babel khususnya dan wilayah Indonesia pada umumnya," jelas Tajuddin, Minggu (26/4/2020) lalu. 

Pihaknya berharap angkutan umum termasuk didalamnya angkutan travel yang ada di Babel dapat memahami serta mendukung kebijakan Pemerintah melarang mudik atau istilah lain pulang kampung, dengan cara tidak melayani masyarakat yang bertujuan ke pelabuhan penyeberangan Tanjungkalian. 

"Perlunya dukungan angkutan umum termasuk travel untuk tidak mengangkut penumpang ke Tanjungkalian, memang sangat diharapkan, hal ini dikarenakan masih ada sejumlah masyarakat yang diantar ke pelabuhan penyeberangan Tanjungkalian oleh angkutan umum termasuk travel, padahal sudah diketahui ada larangan mudik," ujarnya. 

Oleh karena itulah peran angkutan umum termasuk angkutan travel yang tidak melayani penumpang ke Tanjungkalian menjadi sangat penting dalam mewujudkan kebijakan larangan mudik yang sudah ditetapkan Pemerintah. 

Ia menambahkan, perlu dipahami bahwa tujuan larangan mudik atau pulang kampung pada hakekatnya mencegah dan membatasi terjadinya kontak sosial antar masyarakat, guna menjamin kesehatan untuk dirinya sendiri, keluarganya serta masyarakat disekitarnya, dengan cara ini masyarakat sudah berkontribusi mempercepat penuntasan pencegahan perkembangan Covid-19. 

"Jika tidak ada pengertian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membatasi kontak sosial dan pemenuhan protokol kesehatan lainnya, maka ikhtiar yang sudah dilakukan selama ini tidak akan selesai-selesai dalam mengatasi pandemi Covid-19," pungkasnya. [Tim_HA]

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]