LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, Beltim, INRADIOFM.COM – Kabupaten Belitung Timur (Beltim), dinyatakan masih bebas dari pandemi COVID-19. Pemeriksaan terhadap 6 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Orang Tanpa Gejala (OTD), baik yang mengunakan swab maupun rapid test hasilnya negatif.

Dalam jumpa pers di Ruang Tim Satgas COVID 19 RSUD Beltim, yang digelar Sabtu (25/4/2020) lalu, Ketua Tim Satgas dr. Hotma Banjarnahor menyatakan, hasil swab tes empat orang asal Kecamatan Manggar yang sudah diambil sampelnya pada 19 dan 20 April 2020 yang lalu, hasilnya negatif.

Ke empat orang yang merupakan satu keluarga ini sebelumnya ditetapkan sebagai pasien 07 sebagai OTD, pasien 08 sebagai OTD, Pasien 09 sebagai ODP, dan Pasien 010 sebagai ODP. Mereka beriwayat pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID 19.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan pada 4 spesimen Swab Tenggorokan dari Puslitbangkes Biomedis dan Teknologi Dasar Kementerian Kesehatan RI pada 24 April 2020, semua pasien dinyatakan negatif. Sehingga sampai saat ini, belum ada pasien COVID 19 di Kabupaten Beltim," kata Hotma.

Sedangkan untuk pasien 06 dan 011, Hotma mengatakan hasil rapid tes keduanya juga dinyatakan negatif. Mereka sebelumnya melakukan isolasi mandiri dan ditetapkan statusnye menjadi ODP lantaran pernah berkunjung ke luar Pulau Belitung.

"Hasil keduanya juga masih negatif. Dengan hasil ini artinya PDP, ODP dan OTG kita di Tim Satgas COVID 19 RSUD Beltim kosong atau nol. Puji Tuhan Kabupaten Beltim tetap masih Zona Hijau," ungkapnya.

Meski masih berstatus hijau Dokter Spesialis Bedah itu tetap meminta agar masyarakat Kabupaten Beltim tetap patuh dengan himbauan pemerintah. Selalu menjaga jarak fisik dan menggunakan masker.

"Diharapkan kepada masyarakat kita tetap waspada, sama-sama kita saling bantu membantu untuk mencegah penularan virus corona ini. Semoga tidak terjadi penularan Virus Corona di Kabupaten Beltim," ujarnya. (DiskominfoBeltim_HA)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]