LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, Beltim, INRADIOFM.COM – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menambah cadangan persediaan pangan 100 ton beras untuk antisipasi kondisi darurat dan hari raya. Sehingga, total cadangan beras di Kabupaten Beltim mencapai 520 ton.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Beltim, Hamali mengatakan, penambahan 100 ton cadangan beras tersebut untuk menambah stok beras Pemkab Beltim yang ada di Gudang Bulog Tanjungpandan Belitung. Sebelumnya Pemkab Beltim sudah menyiapkan 20 ton beras untuk kondisi darurat ataupun mendesak.

"Yang 20 ton itu pengadaan dari tahun 2018 lalu, cadangannya masih ada karena belum digunakan. Lewat pengalihan anggaran kita tambah lagi, 100 ton untuk jaga-jaga," ungkap Hamali di ruang Kerjanya, Rabu (15/4/2020).

Hamali mengatakan, penambahan persediaan pangan juga berasal dari hasil produksi panen petani padi yang ada di Kabupaten Beltim. Setidaknya ada kurang lebih 400 ton beras yang dihasilkan dari panen 650 ton gabah kering.

"Hasil panen ini untuk Oktober hingga Maret 2020, ada sekitar 400 ton, nanti panen lagi September. Belum ditambah lagi stok yang ada di pasaran, jadi bisa dikatakan kalau stok kebutuhan pangan kita sangat mencukupi untuk beberapa bulan ke depan," katanya.

Bukan hanya beras, Dinas Pertanian dan Pangan juga sudah menyiapkan 2,5 ton daging sapi untuk antisipasi hari raya. Sebanyak 5 ekor sapi Brahma, menurut Hamali saat ini sudah tersedia di rumah potong hewan.

"Berat sapinya 500 kilogram lebih per ekornya. Namun ini untuk antispasi kondisi darurat dan operasi pasar untuk hari raya," ujarnya.

Namun diakui Hamali, Kabupaten Beltim masih kekurangan telur ayam. Produksi telur ayam dari peternak lokal hanya sanggup memenuhi 30 persen dari total kebutuhan harian.

"Kalau ini kita masih kekurangan, baru bisa 30 persen. Ke depan kita harus tambah dengan produksi padi. Mudah-mudahan dengan alat pertanian berteknologi canggih yang baru dibunakan bisa menambah produksi padi," tutupnya.

Kebutuhan pangan untuk setiap penduduk Kabupaten Beltim per tahunnya mencapai 12.000 ton, atau 1.000 ton per bulan. Diharapkan produksi padi di Kabupaten Beltim dapat terus meningkat sehingga Kabupaten Beltim dapat swasembada pangan. (@2!_HA)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]