LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Tes Swab yang direncanakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) bekerjasama dengan National Hospital Surabaya, hari ini (Rabu, 22/4/2020), akhirnya dapat terlaksana.

Instalisasi peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mengetahui positif atau tidaknya seseorang terpapar Covid-19 (Corona Virus) yang dikebut perampungannya saat ini sudah siap dijalankan, berikut juga tenaga medisnya.

Kesiapan ini pun langsung dipastikan oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman ketika menyempatkan diri meninjau ruang dan peralatan Swab PCR yang ditempatkan di Klinik Kesehatan Pemprov Babel.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mempaparkan, bahwa tahap pertama ini pihaknya menyiapkan 500 Virus Transport Medium (VTM) untuk memeriksa sampel pada pemeriksaan Swab PCR. "Dan hari ini, pemeriksaan akan dilakukan sebanyak 30 sampel Swab PCR," jelas Gubernur.

Diterangkan Erzaldi, sampel pertama ini baru dilakukan dari pasien yang ada di Pulau Bangka, dan kemudian dilanjut ke Pulau Belitung.

"Pemprov Babel juga masih menunggu VTM merupakannl fasilitas pendukung pemeriksaan Swab PCR sebanyak 1.000 pcs, yang saat ini masih dalam pengiriman, yang nantinya bisa digunakan daerah lain di Babel," ungkapnya.

Disampaikan dia lagi, bahwa Swab PCR dan Rapid Test ini berbeda. Rapid Tes itu keakuratannya hanya 30 persen, sedangkan yang khusus ini bisa mencapai 75 persen.

"Jika nanti hasilnya reaktif, untuk lebih meyakinkan bahwa dia positif Covid-19 harus di-tes lagi, sebab bisa saja itu virus lainnya bukan Covid-19, makanya kami mentandemkan dua pemeriksaan ini," jelas Erzaldi.

PLN Maksimalkan Aliran Listrik


Pelaksanaan pemeriksaan Swab PCR diakui Erzaldi Rosman pada Rabu (22/4/2020) masih terkendala daya listrik yang baik turun, sehingga petugas belum berani bekerja.

"Listrik nya masih naik turun, pihak PLN sudah diperjalanan untuk memaksimalkannya, siang ini sudah beroperasi. Itu segera teratasi, jangan dibesarkan, PLN sangat mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, selang beberapa menit kemudian datang sejumlah petugas PLN untuk memperbaiki daya listrik, sehingga fasilitas dapat berjalan. [Tim_HA]

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]