LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Kapal tanker MT Gebang milik PT Pertamina, Rabu (13/5/2020) akhirnya beroperasi kembali, setelah diambil alih oleh 29 orang kru baru pengganti. Sementara 21 kru sebelumnya sudah dipulangkan ke daerah asalnya Plaju.

Dengan adanya kru pengganti, otomatis proses penyuplaian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terkendala karena proses karantina kru sebelumnya, kini sudah beroperasi kembali menyuplai BBM ke sejumlah daerah di Sumatera.

"Kru baru sebanyak 29 orang inu sudah berada di atas kapal, kapal tanker itu sebelumnya berstatus "dalam karantina" karena diketahui 15 orang kru-nya terkonfirmasi positif Covid-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (GTPPC-19 Babel), Andi Budi Prayitno, Kamis (14/5/2020).

Diterangkan Andi, sebelum kru pengganti naik ke kapal, oleh Tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang terhadap kapal terlebih dulu dilakukan penyemprotan disinfektan dan sejumlah tindakan sesuai Protokol Covid-19. Poses pergantian kru dan evakuasi yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB kemarin itu berjalan dengan lancar.

"Sementara 21 kru kapal tanker yang lama sudah dievakuasi menggunakan dua kapal tugboat bersama dengan satu kapal tugboat yang berstatus "dalam karantina" bergeser menuju Plaju, Sumatera Selatan. Jadi total ada tiga kapal tugboat yang bergerak pada hari Rabu malam, sekira pukul 21.30 WIB," paparnya.

Proses pergantian kru dan evakuasi dilakukan dalam pengawasan ketat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, yang dipimpin dr Bangun Cahyo Utomo, dimulai dengan menurunkan 11 kru kapal tanker ke salah satu tugboat.

Kemudian kapal tanker oleh KKP dilakukan desinfeksi, setelah itu dilanjutkan dengan serah terima kapal tanker dari nahkoda lama ke nahkoda baru. Dalam serah terima tersebut, nahkoda baru dan nahkoda lama mengenakan baju pelindung diri lengkap untuk menjaga dan memastikan kesehatan mereka, lalu diikuti dengan evakuasi kru kapal tanker tersebut ke kapal tugboat.

"Dengan selesainya pergantian kru dan evakuasi, kini status "dalam karantina" kapal tanker MT Gebang telah dicabut, sehingga dapat kembali melakukan kegiatan seperti semula," imbuhnya. [Tim_HA]

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]