LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, Beltim, INRADIOFM.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Kabupaten Belitung Timur menegaskan agar masyarakat tetap melaksanakan ibadah sholat berjamaah di rumah masing-masing. Hal ini sesuai dengan keputusan bersama Forkopimda Beltim dengan Ormas Islam, 2 April lalu.

Keputusan itu diambil saat rapat antara Bupati, Wakil, dan Forkopimda Beltim terkait tanggapan Surat Pernyataan Sikap yang dikirimkan MUI serta FKUB Beltim tertanggal 2 Mei 2020, mengenai Pelaksanaan Sholat Jum'at dan Berjamaah di Mesjid. Surat ditujukan kepada Ketua Tim Gugus Tugas COVID 19 Kabupaten Beltim, yakni Yuslih Ihza selaku Bupati Beltim.

"Intinya kita belum mencabut kesepakatan bersama Forkopimda dan Ormas Islam pada 2 April 2020 lalu. Kita tetap berpegang pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di tengah Pendemi Pandemi Wabah COVID 19," kata Yuslih Ihza dalam keterangan pers di ruang kerjanya, Selasa (5/5/2020).

Yuslih menyesalkan surat dari MUI yang sudah terlanjur beredar luas di media sosial. Bahkan banyak masjid di wilayah Kabupaten Beltim yang mulai melaksanakan sholat berjamaah.

"Surat itu kan bentuknya pernyataan sikap, sayangnya, ini yang dijadikan acuan bagi masyarakat luas. Padahal yang resminya kan kalau sudah ada keputusan dari pemerintah daerah, kita juga baru mau membalas surat tersebut," katanya.

Diakui Yuslih meski Kabupaten Beltim sudah berstatus hijau atau tidak ada kasus positif COVID-19, namun tidak menutup kemungkinan sewaktu-waktu status dapat berubah. Apalagi saat ini Kabupaten Beltim masih ditetapkan sebagai Siaga Darurat Bencana Non Alam Akibat COVID-19.

"Kita memang masih hijau, namun resiko perubahan status itu bisa terjadi kapan saja. Itu kan asumsi mereka, padahal kan meski hijau tetap harus terus dijaga dan menerapkan protocol yang sudah ada," ujarnya.

Saat memberikan keterangan pers, Bupati Beltim didampingi oleh Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, Kepala Diskominfo Beltim Gustaf Pilandra, dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Beltim Fitri Zakiah. (DiskominfoBeltim_HA)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]