LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kepulauan Babel, Muhammad Ridwan  melakukan peninjauan Gedung Asrama Haji dalam rangka mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji Kepulauan Babel tahun 2020, Senin (4/5/2020) lalu.

Hal itu sangat penting dilakukan mengingat para calon jamaah haji Babel tahun ini pemberangkatannya tidak lagi bergabung dengan Embarkasi Palembang. Provinsi Kepulauan Babel sudah ditetapkan sebagai Embarkasi Antara sehingga hal ini dapat memperlancar keberangkatan jamaah Babel.

Surat Keputusan (SK) penetapan embarkasi ini, telah diserahkan langsung oleh Dirjen Kementerian Agama RI yang diwakili oleh Kepala Kanwil Kemenag Babel, M.Ridwan kepada Gubernur Erzaldi Rosman yang berlangsung di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Babel.

Menurutnya, dengan Embarkasi Antara, tentunya proses pemberangkatan haji lebih cepat dan mudah, tidak lagi bergabung dengan Embarkasi Palembang.

"Saya bersama Pak Ridwan meninjau persiapan pemberangkatan haji kita. Sehubungan juga hari ini juga saya menerima SK, bahwa Babel sudah menjadi Embarkasi Antara. Sehingga proses  pemberangkatan haji kita sudah dapat dilakukan di asrama haji, langsung menuju Palembang untuk tukar pesawat, karena bandara kita belum bisa menampung pesawat yang besar, tentunya hal ini memperlancar jamaah haji kita, karena tidak lagi menginap di Palembang," ungkapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Gubernur Erzaldi Rosman berharap pembangunan masjid di asrama haji ini agar cepat selesai,supaya pemberangkatan haji tidak terganggung.

Selain hal tersebut, pemerintah juga masih menunggu keputusan Pemerintah Saudi Arabia, yang akan mennyampaikan surat resmi kepada Pemerintah RI terkait pemberangkatan haji tahun ini, sesuai jadwal atau ada penundaan, mengingat saat ini masih ada pandemi Covid-19.

"Kami tadi mewakili Pak Menteri Agama RI menyerahkan SK Embarkasi Antara Babel kepada Bapak Gubernur dan ini bertepatan bulan suci Ramadan, semoga membawa berkah," ungkap Kakanwil Kemenang Muhammad Ridwan.

Dengan demikian menurutnya, akan dapat mengatur waktu menjadi lebih efisien serta menghemat tenaga bagi para jamaah calon haji. Semua ini dapat terwujud berkerja sama semua semua lintas sektoral.

"Menurut rencana pemberangkatan calon haji Babel akan diberangkatkan awal Juli 2020 pada pemberangkatan gelombang ke dua. Namun keputusannya masih menunggu surat resmi dari Pemerintah Saudi Arabia, karena suasana pandemi covid-19," ujarnya.

Secara teknis pihaknya siap memberangkatkan calon jamaah haji Babel, karena persiapannya sudah dilakukan sejak jauh hari dan ini sudah terbukti dari tahun sebelumnya. (DiskominfoBabel_HA)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]